Review

Meski buku ini sepertinya berusaha menguatkan dominasi orang Minangkabu,untuk semakin menghegemoni segala sektor di negeri ini. Setidaknya buku ini mampu membangkitkan ghirah kebangsaan kita, yang kian menghilang terempas jaman. Dan usaha pembualan dari E.S. Ito rupanya cukup bisa meyakinkan kita semua tentang sejarah nusantara yang hilang. Salut buat E.S. Ito, seorang yang bangga dengan identitas Minang-nya.

Dari tulisan Stiglitz ini kita bisa belajar, untuk tidak sekedar mengkritik, tetapi juga disertai dengan solusi-solusi konkrit, meski sudah seharusnya agar kita tidak terjebak dengan pernyataan yang bernada solutif, sebab kritik itu penting.

Sebuah epik yang sangat luar biasa, menggugah ghirah kita tentang nusantara, bahwa kita bukanlah sekelompok manusia kerdil, yang seenaknya bisa dijajah, diperas, dan eksploitasi kekayaannya. ayo bangkit melawan!

Meski banyak orang mengatakan, buku ini merupakan hasil studi intuisionisme gertz, di mana riset yang dia lakukan, sekedar menjadi penguat emirisme ilmiahnya, namun buku ini mampu memberikan gambaran awal tentang jawa, yang feodal dan sedikit abangan, dengan polesan santri di beberapa sisinya.
Buku ini memang penuh dengan nuansa orientalis, yang memposisikannya menjadi sedikit tidak objektif, sejajar dengan karya Snouck Hourgronje tentang Aceh, buku ini tentunya disusun dalam rangka kepentingan kolonialisme. Namun demikian, kita patut berterimaksih dengan almarhum Gertz, seorang indonesianis kenamaan, yang telah memperkenalkan study jawa ke dunia luas.

Meski berisi kumpulan tulisan, buku ini mampu memberikan sajian dengan runtut dan apik, tentang perselingkuhan ilmu sosial dan rezim berkuasa di Indonesia, khususnya teori-teori yang dikemukakan oleh ilmuan-ilmuan sosial masa orde baru. aku sangat apreciet dengan tulisan hilmar farid, sepertinya tak bosan membaca tulisan dia berulang kali. setidaknya buku ini mampu menggugah kita dari kesadaran semu berkepanjangan, tentang indonesia tentunya.

Seperti Negara Kelima, meski alur cerita dalam Rahasia Meede melompat-lompat, dari locus satu ke locus lain, dari tempus satu ke tempus lain. Tapi, cerita E.S. Ito mampu menggugah rasa ingin tahu dari setiap pembacanya. Novel ini mengungkap fakta sejarah baru, sejarah yang lepas dari strategi politik kekuasaan. dan tentunya E.S. Ito telah melahap banyak literatur, untuk mengungkap sebuah cerita terpendam itu. Cerita Meede jg mampu menggugah semangat kaum muda Indonesia, khususnya mereka yang merasa “KIRI,” untuk terus melawan penguasa despotis negeri ini.

3 thoughts on “Review

  1. Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP 2009 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
    Semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Salam Hangat buat Keluarga Anda
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  2. aku pun tak mengenalnya, hanya seseorang yg kebetulan mencalonkan diri dari dapil kebumen, dan memberi comment di blog-ku, tidak ada maksud untuk mengampanyekan dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s